Cara Install Ubuntu 9.10 Karmic Koala

Berikut ini adalah Langkah sederhana ketika kita ingin menginstall ubuntu 9.10 karmic koala :

  1. Download dulu CD ubuntunya ato DVD mungkin.. gratis kok.. linknya tinggal klik di gambar logo ubuntu yg besar di blog ini.
  2. Set Boot loadernya ke optical drive anda.
  3. Lalu masukan CD/DVD ubuntu 9.10 anda.
  4. Setelah di load boot nya, maka akan keluar tampilan seperti dibawah ini :
  1. Pilih Bahasa

5. Lalu pilih bahasa yg anda kuasai, (maaf tidak ada bahasa daerah hehehe.. )

6. setelah itu akan muncul tampilan seperti ini :

7. nah tinggal pilih menu no.2 kalau untuk menginstall ubuntu 9.10, kecuali anda mau mencoba ubuntu live dari CD/DVD ubuntu 9.10 bisa memilih menu no.1. Pilih no.2 untuk menginstall..

8. Setelah memilih no.2 tunggu beberapa saat, maka akan keluar tampilah seperti ini :

9. Nah pilih bahasa yang mau dipakai saat instalasi, dan akan dipakai sebagai bahasa default dari system yg sudah kita install nanti.

 

10. Kalau saya pilih English, lalu klik next , lalu akan keluar tampilan berikut :

11. Pilih waktu daerah tempat anda tinggal. Nah dari pada susah-susah nyari mending klik langsung aja di pulau jawanya hehehhe.., lalu klik forward.., selanjutnya akan ada tampilan sebagai berikut :

12. Selanjutnya pilih posisi keyboard anda yg anda pakai, biasanya si defaultnya USA, jd langsung aja klik forward, kecuali anda tinggal di negara lain yang mempunyai susunan keyboard sendiri. Klik forward, maka selanjutnya tampil seperti ini :

13. Nah bagian ini nih yang agak significant hehe, soalnya kadang ada yg niatnya mau dual boot ama windows, lihat di pilihan radio box “where do you want to put ubuntu 9.10?”

    Nah untuk anda yang mau menginstall dual boot jgn pilih menu radio box yang pertama, tapi pilih yang ke dua, soalnya yang pertama kan artinya menghapus semua harddisk anda (satu buah harddisk) untuk system yang baru, kecuali anda memiliki dua harddisk dan anda bisa memilih harddisk kedua anda yang akan dijadikan system operasi ubuntu 9.10.

walapun begitu saya menyaran kan anda untuk memilih menu radio box yang ke 2 yaitu “specify partition manually (advanced)”.

Untuk kasus pertama kita pilih yang “erase and use entire disk”.

Setelah itu kita klik forward, maka akan tampil, tampilan untuk mengisi nama, user, dan password, silahkan isi form tersebut sesuai dengan yang keinginan anda. (maaf saya lupa membuat screenshot nya hehehe…)..
setelah itu klik forward kembali..
Maka akan tampil seperti ini

14.  kalau mau pilih advance bisa klik terlebih dahulu advaced nya untuk menset ubuntu lebuh lanjut, tetapi kalau ubuntunya bentuk CD lebih baik langsung install saja, setting dapat dilakukan setelah ubuntunya selesai terinstall di komputer anda.

15. Setelah klik install akan keluar tampilan sperti ini :

16. Ini berarti proses instalasi ubuntu sedang berjalan, silahkan menunggunya hingga selesai.. hehe..

    Sebelumnya kita sempat membahas tentang bagian partisi harddisk yang manual , nah bagaimana tuh? :

ingat tampilan y ini ?? yaitu step, dimana kita memilih harddisk, dan juga bagaimana mempartisinya, apakah manual, atau automatic. Nah kali ini kita pakai pilihan yang manual yaitu radiobox yang bertuliskan “Specify Partitions manually (advanced)”

  • Lalu setelah memilih radiobox yang manual klik forward, maka akan tampil seperti ini:

  • Kalau ada partisi lain pasti bagian yang dibawah Prepare patitions warna warni hehehe, ada format NTFS dan Format lainnya mungkin…
  • Jika anda belum memiliki space harddisk yang bebas dan anda memiliki harddisk dua buah dan yang satu memang khusus untuk linux mungkin kasusnya seperti pada gambar di atas,(ada harddisk yang belum memiliki format sama sekali seperti diatas/harddisk baru)
  • anda harus membuat terlebih dahulu free space dengan membuat partisi baru (lain lagi dengan yang memang sudah menyediakan partisi harddisk yang kosong, misalnya dengan partition magic di windows nya..)
  • Anda membuat partisi harddisk yang bebas, lakukan dengan mengklik harddisknya, lalu klik tombol “New Partition Table” yang ada di kiri bawah form.

Maka akan menjadi seperti ini :

  • Lalu selanjutnya anda membuat partisi untuk linux dari free space tersebut.
  • Pada dasarnya linux mempunyai 2 partisi wajib, yang pertama yang berformat ext4 untuk system utamanya dan satu lagi untuk swap (di windows virtual memmory kayanya). Nah anda harus membuat 2 partisi itu wajib, kecuali anda sudah advace dan memisah-misahkan mount system atau folder seperti /etc, /bin, /home, dan lain-lain.
  • kali ini kita cukup membuat 2 partissi utama, selanjutnya anda dapat mempelajarinya dari referensi-referensi lain yang lebih berkompeten hehehe…
  • Anda klik kanan free space yang anda buat, lalu pilih add

  • Maka akan tampil tampilan seperti ini:

  • Nah ini tampilan untuk memasukan nilai ukuran partisi yang ingin dimasukan dan format juga mount pointnya (bisa dikatankan fungsi yang ingin dimasukannya)
  • Pilih Primary, masukan besar harddisk yang ingin dimasukan , ingat harus disisakan untuk partisi swap sebesar 2x besar RAM.
  • Untuk Use as nya pilih ext4 Journaling file System,

  • dan untuk Mount Point nya pilih root dalam hal ini disimbolkan dengan garis miring “/”

root = /

  • lalu klik Ok.
  • Nah nanti hasilnya akan menjadi seperti ini nih :

  • Dengan cara membuat partisi untuk root, anda juga harus mambuat partisi berbentuk swap.

  • Yang berbeda dengan pembuatan partisi untuk system/root adalah bentuk partisinya, yaitu ketika kita mengisi edit text “User As” kita harus menggantinya dengan tipe “Swap Area”, lalu tinggal klik “OK”.

Maka hasilnya akan seperti ini :

  • Setelah itu kita klik forward, maka akan tampil, tampilan untuk mengisi nama, user, dan password, silahkan isi form tersebut sesuai dengan yang keinginan anda. (maaf saya lupa membuat screenshot nya hehehe…)..
    setelah itu klik forward kembali..
  • Setelah langkah tadi selesai dengan baik, maka anda hanya tinggal mengklik forward. Dan akan muncul tampilan berikut :

  • Setelah itu anda cukup meng-KLIK tombol “install”, maka proses instalasi Ubuntu 9.10 karmic koala akan segera dimulai.

  • Nah setelah berhasil di install, dia akan minta restart :

  • Selesai deh, klik restart,lalu keluarkan CD/DVD ubuntu 9.10 karmic koala anda.

Silahkan Mencoba …

Silahkan pilih User, lalu masukan Password…

Nah selesey deh….

Ubuntunya sudah siap untuk dipakai di berbagai pertempuran….

Semoga sedikit tulisan ini bisa membantu … aminnnn….

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s