Hand Tracking dan Motion untuk kontrol mouse pointer komputer

Dah jarang posting, sekalinya posting lama banget hehehe..

Kali ini saya mu posting dan share soal TA saya sekarang (2011), kebetulan saya mengambil topik computer vision, implementasi hand tracking pada kontrol mouse pointer komputer dengan algoritma pyramidal lucas kanade.

Saya mengimplementasikan algoritmanya sebenarnya secara implisit, karena saya menggunakan library opencv untuk membantu saya dalam membuat aplikasi ini. Saya juga menggunakan QT Framework untuk membangun antarmukanya, agar lebih mudah tinggal drag and drop dan dengan menggunakan bahasa pemrograman C++.

Sebelumnya pada aplikasi ini saya menggunakan teknologi-teknologi sebagai berikut :

1. ubuntu 10.10

2. QT Framework 4.7

3. OpenCV 2.2

4. library X11

5. WebCam 5 MP

6. C++ programming language

7. eclipse helios

8. Qt Creator & Qt Designer

Pada mulanya saya ingin membangun dengan menggunakan arsitektur MVC namun ternyata QT memiliki arsitektur tersendiri yaitu MVD (Model View Delegate) karena saya belum membaca banyak untuk sementara ini saya memahami arsitektur ini pada bagian Delegate adalah pada sistem ketika qt memamnggil event interaksi dari alat input keyboard atau mouse menggunakan konsep “signal” dan “slot”. Ditambah dengan dalam QT untuk menggunakan form atau widget untuk menambahkan methode ataupun objek dengan cara membuat class yang merupakan turunan dari widget tersebut dan melakukan subtitusi pada komponen yang dimaksud dalam form atau form itu sendiri yang disebut dengan konsep “promotion” (pemahaman saya untuk sementara).

Nah itu sekilas Framework GUI yang saya pakai, masuk ke core dari sistem saya menggunakan beberapa metoda utama dalam membangun aplikasi ini. Saya mendapatkan teknik dibawah ini bersumber dari referensi yang ada di bawah artikel ini.

Pertama saya menggunakan segmentasi berdasarkan warna kulit, lalu setelah di segmentasi diteruskan untuk di temukan setiap countur yang ada pada objek. Lalu dilakukan deteksi pada objek countur yang terbesar diasumsikan jika countur terbesar itu merupakan countur dari tangan manusia.

Kedua setelah mendapatkan kontur terbesar, dilanjutkan dengan metoda convexhull yaitu dengan menemukan area yang sekecil mungkin yang mengitari tangan. Ketiga setelah mendapatkan hull, dari setiap hull di masukan dalam metoda convexity defect. Nilaidefects yang ditemukan akan digunakan dalam perhitungan untuk menemukan jumlah jari yang dilihat kamera.

Di atas merupaka gambar suatu citra dengan format warna YCrCb.

Di atas merupakan gambar suatu citra setelah dikenakan segmentasi warna kulit.

Di atas merupakan hasil komputasi metoda pyramidal lucas-kanade dari pergerakan tangan.

Di atas merupakan hasil dari motode convexhull (tidak ditampilkan) dan Convexity Defects, lalu dilakukan perhitungan jumlah jari dari objek tangan.

Sebelumnya dalam metoda ketiga saya mendapatkan nilai dari jumlah jari yang terlihat dalam kamera. Maka saya menggunakan jumlah jari tersebut untuk melakukan event click kiri dan kanan.

Berikut adalah Video hasil dari TA yang saya buat :

Untuk sementara saya belum bisa share aplikasinya atau source codenya, karena ada beberapa saran mengenai paten dari beberapa juri inaicta 2011 hehehe… insya Allah masalah paten ini dapat diselesaikan dengan baik aplikasi ini akan saya share mengenai aplikasi yang saya bangun ini lebih detail.

semoga bermanfaat..

:D/

referensi :

  1. http://www.andol.info
  2. http://groups.yahoo.com/group/OpenCV
  3. http://nashruddin.com
  4. http://citizenstefjournal.blogspot.com/2010/12/qt-opencv-project.html
  5. Bradski Gary,Kaehler Adrian (2008). Learning OpenCV Computer Vision with the OpenCV Library. O’Reilly Media inc. New York
  6. Intel (2000). Open Source Computer Vision Library. Intel Corporation. USA
  7. Blanchete Jasmin. Summerfield Mark (2006). C GUI Programming with Qt 4, Second Edition (c). Prentice Hall PTR .
54 thoughts on “Hand Tracking dan Motion untuk kontrol mouse pointer komputer

  1. ritn July 3, 2011 / 5:25 pm

    wah info yang bermanfaat..
    maju terus kang..

    • situkangsayur July 3, 2011 / 10:44 pm

      alhamdulillah…
      Insya Allah.. hatur nuhun… :D/

  2. jhonny August 1, 2011 / 5:42 am

    kang, aku tertasik dg judul yg diangkat jdi TA akang ini, kita bisa share gak????

  3. nanda October 16, 2011 / 12:30 am

    wah kebetulan aku jg ngambil TA ini nih sekarang
    programnya pake C++ atau C# ni?
    tolong dishare dong source code nya
    kirim ke emailku ya : nandarp07@gmail.com
    oya, sukses buat TA nya 🙂

    • situkangsayur October 16, 2011 / 2:48 am

      wah maaf mas.. dikarenakan TA saya ini diikut sertakan dalam inaicta 2011 dan banyak pihak yang meminta untuk menyegerakan source codenya di patenkan terlebih dahulu, dan sekarang sedang dalam proses penjurian apicta 2011, sehingga source codenya belum bisa di release..

      terutama menunggu kepastian hak patennya…

      sementara saya hanya bisa memberikan informasi sebatas informasi di atas.. menurut saya itu lumayan detail…

      terima kasih do’a nya.. 😀

  4. Adityo Purnomo October 16, 2011 / 10:33 am

    Yang kayak gini ni bisa membanggakan bangsa Indonesia, ga cuma kayak Pemerintah yang bisanya cuma korupsi….bagus banget…lanjutkan!!!!

    • situkangsayur October 16, 2011 / 1:29 pm

      Amin… Terima kasih mas..

      Mudah2an indonesia akan menjadi lebih baik kedepannya…

      Mohon do’a nya mas… 😀

  5. dakz October 24, 2011 / 6:03 pm

    referensi nomor 1 emang bagus,,, saya juga make source dari sana untuk TA saya,,,^^

    • situkangsayur October 30, 2011 / 5:11 am

      Hehehe iya d situ banyak computer visionnya.. 😀

  6. Muhammad Refa Utama Putra October 27, 2011 / 8:45 pm

    Duh, saya jadi pengen nyoba nih 🙂
    *setelah lihat di Metro TV yang INAICTA, saya udah liat itu Ubuntu. eh beneran tipinya ngomong GNU/Linux 😀

    • situkangsayur October 30, 2011 / 5:25 am

      Masih blm bs d release.. Krn masih
      prototype.. 😀
      Memang pernah ada d metro ya??
      100% d bangun dgn teknologi piranti lunak
      open source.. 😀

  7. nrp November 12, 2011 / 1:48 am

    nanya nih bos,
    spesifikasi kamera yang dipake apa?
    trus kalo misal dipake buat bikin garis lurus di ms paint bisa ga? apa hasilnya sama dengan kalo pake mouse langsung atau cuma garis patah2 gitu? thanks

    • situkangsayur November 13, 2011 / 12:01 pm

      yooo,,,
      minimal web-camnya kalau bs 3 mega pixel, walaupun gag masalah pake 1 mega pixel juga.. cuma supaya noisenya gag terlalu banyak..
      ini bisa buat di pake bikin garis lurus di paint, bikin bentuk lain jg bisa.. sama halnya kaya pake mouse..
      ur wellcome 😀

  8. nrp November 17, 2011 / 6:46 pm

    terakhir nih bos hehe,
    1. apa emang gerak mousenya ga bisa smooth gitu ya? apa pengaruh kamera? kira2 kalo pake kamera HD yg 8MP bisa smooth ga?
    2. metode yg buat ngitung jumlah jari dari andol yg ente pake sama persis atau ada yg diubah?
    3. kalo ga pake metoda pyramidal lucas-kanade gmn? ngaruh ga?
    Sekali lagi thanks bgt komennya selalu direply, sangat2 membantu. Semoga makin sukses! 🙂

    • situkangsayur November 21, 2011 / 1:51 pm

      1. kalau itu lebih dikarenakan lingkungan yg cahayanya agak kurang waktu demo.. dan kemarin belum dikasih tambahan karakteristik tangan, bentuk2nya masih agak terbatas, jd belum stabil… dan kamera sekitar 3 MP, semakin bagus si komputer melihat (dari cahaya atau pake kamera HD apalg 8 MP keatas) itu jauh lebih halus.
      2. ada yang di rubah dari nilai warna, sampai ukuran dan beberapa bentuk jari dan tangan.. tp konsepnya sama.
      3. sebenarnya gag terlalu ngaruh.. cuma lebih stabil.. karena pyramidal lucas kanade melihat setiap perpindahan pixel yang jadi ROI yg sudah saya tentukan, misalnya yang saya pake titik tengah tangan. 😀

      sipp2.. sama2.. saya juga berharap dapat membantu banyak…
      amin.. sama semoga agan jg makin sukses.. 😀 .. makasih ..

  9. nanda November 29, 2011 / 1:20 pm

    Malah error ni :
    OpenCV Error: Insufficient memory (Failed to allocate 921600 bytes) in unknown function, file ..\..\..\..\ocv\opencv\src\cxcore\cxalloc.cpp, line 52

    Ini kira2 karena apa ya? Trus gmn solusinya?
    Dan kalo pake windows, compiler apa sih yg sebaiknya dipake? thanks

    • situkangsayur November 29, 2011 / 5:11 pm

      kalau itu artinya waktu c program lg run dia butuh 921600 byte dalam 1 x proses atau sewaktu 1x komputasi berlangsung biasanya per-frame,krn dia ngolah setiap frame, sewaktu minta alokasi memmory sebesar 900kb.. andai mas punya 2 GB RAM (dan asumsi L2Cache sudah habis terpakai) maka 2GB/900kb = 2330.16 ,artinya ram bs menghandle 2330.16 kali proses yg memerlukan 900 kb untuk setiap prosesnya.
      jika 1 x proses (memproses 1 frame) terjadi dlm 1 detik (walau biasanya 1 detik bs saja menghasilkan 128 frame atau lebih) artinya program hanya bs berjalan sekitar 39 menit setelah itu program berhenti krn memmorynya habis, sekarang bayangkan 1 detik mungkin 128 frame.. (walau sudah dibantu dgn L2cache yg cukup cepat dan RAM yg cukup cepat)..
      makin cepet abis memmorynya hehhe
      jadi harus mensiasati penggunaan memmory supaya gag boros.. :D/

      kalau untuk windows bs menggunakan C# dgn emguCV nya (seperti wrapper untuk openCV), atau kalau mau pake C++ sy sarankan pakai compiler GCC (biasanya butuh MingW agar dapat berhubungan dgn GCC) ..
      semoga membantu :D/

  10. Nur Aminuddin November 29, 2011 / 5:21 pm

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.

    Selamat dan Sukses slalu Mas…., Insya’Allah Allah SWT selalu megiringi setiap langkah2 Mas dan slalu diberikan kemudahan dalam segala urusan. Amin yra. Salam kenal.

    Fastabiqul Khairot, Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

    • situkangsayur November 30, 2011 / 12:38 am

      wa’alaikumsalam Wr.Wb ..

      terima kasih pak… amin ya Rabb… sama2 pak…
      salam kenal juga :D/
      insya Allah… Wa’alaikumsalam Wr.Wb..

  11. nanda December 1, 2011 / 10:10 am

    ohh gitu, detail sekali penjelasannya bang, makasih 🙂
    jadi itu murni kesalahan ada di memori ya? bukan di coding saya?
    apa di programnya situ jg ada error kaya gini?
    trus gmn tuh mensiasatinya kalo boleh tahu? masa nanti waktu presentasi blum 5 menit udah berhenti.

    btw maaf bang kalo komennya isinya jadi dari saya semua 😀

    • situkangsayur December 2, 2011 / 2:16 am

      sama2.. karena saya sampai sekarang sering bertanya, dan orang2 yg lebih tau pun banyak yg mau jawab pertanyaan sy.. hehhee…
      memmory sih gag salah, tetap codingnya yg kurang tetap, kurang hemat memmory.. 😀
      dulu saya pernah, ya saya siasati dengan merapihkan code saya, melihat kemungkinan pemborosan variable kalau2 ada yg tidak dibutuhkan, artinya sy pun memperbaiki constructor dari setiap class.. 😀

      biasanya sih awal2 suka bikin programnya banyak baris yg membuat image baru, inisialisasi variable image baru dan tanpa sadar itu dilakukan setiap memproses frame baru, jd dia alokasi memmory terus-terusan ampe memmory nya abis.. 😀 (gunakan kembali variable memmory yg sudah dipakai, atau buang yg sudah tidak dipakai)
      heuheheu.. gag apa2, itu fungsinya kolom komentar 😀

  12. nanda December 5, 2011 / 1:21 pm

    hehe ternyata emang bener karena terus2an buat image baru trus memorinya jadi abis deh
    sekarang udah ga ada error lagi, program jg udah selesai 😀
    cm skrg aku mau beli webcam yg baru lagi ni,
    yg kemaren ketipu masa 8 MP tapi noise nya banyak bgt
    tips2 nya milih webcam yg bagus gmn ya?
    merk nya mungkin yg dipake situ apa? takut ketipu lg 😀 thanks

    • situkangsayur December 7, 2011 / 10:31 pm

      heuheuheu, saya kurang tau kalau webcam.. kalau yg bagus ya mahal.. logitech kaya gtu.. cuma kalau g salah logitech gag ada yg ampe 8 MP nya tp bgs gambarnya sih…
      sebenernya bkn cuma bgs hasilnya Sony PS3 jg dia ada noisenya tp dia menyesuaikan hasilnya krn memang buat pengolahan cintra..
      jadi ya saya sih gag bisa kasih tips, saya juga pake yg gag terlalu bagus yg made in china tuh merknya Micro Pack :))

  13. nanda December 13, 2011 / 12:10 am

    lapor bos 😀
    kamera udah oke, noise udah ga ada, aku pakenya kamera Phillips SPC 900NC
    framerate udah aku set 60 fps, tp kliatannya dapetnya cuma sekitar 20fps
    aku pake resolusi 640×480, dan pointer mouse masih kurang stabil
    udah nyoba buat garis lurus di paint tp masih goyang2
    biar bisa stabil resolusi+fps brp yg dipake? atau ada tips lain?
    thanks 🙂

    • situkangsayur December 16, 2011 / 11:20 am

      sipp.. alhamdulillah.. selamat2..

      kalau dengan algo yg sy tulis memang masih kurang…
      karena masih butuh pendeteksian yg lain..bukan cuma yg saya sebutkan di blog dan resolusi + fps..
      😀

  14. nanda December 20, 2011 / 2:19 pm

    boleh tau pendeteksian yang lainnya tu apa? hehe thanks 😀

  15. Harkediansa January 6, 2012 / 4:19 pm

    Kang, kuliah dimana ? itu skripsinya untuk jurusan teknik komputer ya ?

    • situkangsayur January 7, 2012 / 5:53 am

      saya kuliah di universitas komputer indonesia (unikom) , saya kebetulan teknik informaika.. 😀

  16. robby January 12, 2012 / 3:15 pm

    mas mw tnya’ ne…

    tugas akhir sya tntng alat bantu pendeteksi surat suara pemilu dengan webcam.,dalah hal ini menentukan sah dan tidaknya surat suara tersebut. rncanax sya menggunkan c++ dengn lib opencv. yg sya mw tnya kn kira2 cara/metode yg gampang digunkan i2 pke’ apa ya ?? trus prosesnya meliputi grayscle,threshold,kemudian lgsung menggunkan metodex ato ada proses pa lg ??
    mhon bantuan penjelasannya. trima ksh..

  17. robby January 14, 2012 / 3:47 pm

    mas mw tnya’ rencnax saya mw mengmbil judul TA tntang “ALAT BANTU PENDETEKSI SURAT SUARA MELALUI WEBCAM ” rencanax sya memakai bhsa pemrograman c++ dengan lib opencv. yg sya mw tnyakn kira2 prosesx pa ja yg dilakukn ??dan metode yg dgunakn yg tepat i2 pa ?? terima kasih.

    • situkangsayur January 27, 2012 / 1:53 am

      maaf saya baru sempat balas karena kemarin banyak pekerjaan atau banyak harus di urus hehehe..
      Untuk alat bantu pendeteksi sah atau tidak sih sepertinya labih mudah, kalau warna penanda atau mungkin spidolnya sudah ditetapkan misalkan “merah”, dapat menggunakan range warna merah untuk mas filter warnanya, antara warna merah dan yang bukan dgn mengkonversi menjadi 1 bit (asalnya dari 3 bit), merah dgn bit 1 dan sisanya dngan bit 0, sehingga mirip dgn hasil threshold. Lalu cari pola tanda checklis atau tanda lain, mas bisa menyimpan pola tanda tersebut (misal checklist dan cross) lalu melakukan tamplate matching secara langsung citra biasa dengan citra lagi atau saran saya, mas konversi citra tersebut kedalam histogram (keduanya) lalu lakukan normalisasi baru lakukan template matching.
      Atau cara yang lebih baik lagi adalah dgn menggunakan pola contour dgn memanfaatkan moments dari setiap contour lalu dilakukan match shapes , tentunya citra surat suara harus dilakukan threshold dgn menggunakan filter warna saja(memanfaatkan warna penanda).
      mungkin itu sih saran saya 😀 semuanya dapat dilakukan dengan opencv.. insya Allah 😀

  18. erian February 25, 2012 / 3:48 pm

    wah ternyata mas situkangsayur ini yg waktu itu saya lioat di sekjur 😀 , mas salam kenal sebelumnya, saya anak unikom jg :D, kebetulan saya meganmbil tema TA saya comp vision jga, saya masih bingung cara penggunaan opencv dalam qt framework, saya sudah mencoba googling tapi masih belum dapat pencerahan dan kebetulan sekali saya mendapatkan blog nya mas :D, bisa kasih pencerahannya mas/

    semoga sukses selalu 😉

    • situkangsayur June 8, 2012 / 8:32 am

      ya salam kenal juga :D/

      pencerahan gimana? resource banyak di google.. sy pun buat nya dengan googling.. hahaha…

      sama2 sukses juga..

  19. riza irlan March 14, 2012 / 12:01 pm

    Misi mas, mo nanya..
    Skrg saya lg proses nyari topik ta, dan akhirnya milih untuk ngambil yg sama kyk gini, kira2 algoritma apa aja ya yang bisa dipake utk bikin aplikasi kyl gini supaya beda sama ta bikinan mas dan org2 lain?
    Kayaknya saya jg bakal sering2 berkunjung k sini nih buat konsultasi -,-

    • situkangsayur June 8, 2012 / 8:29 am

      wah maaf baru saya balas karena saya baru pertama kali mengajar di universitas, jadi masih belajar memanage waktu hehehe..
      banyak sebenarnya, di dalam buku learning opencv yg di terbitkan O’Really sebenarnya sudah cukup banyak, ditambah dengan opencv 2.4 sekarang yg sudah di tambah beberapa algoritma baru untuk menunjang proses pembangunan perangkat lunak untuk bidang computer vision.
      Mungkin bisa dicoba kaya meanshift, camshift,Kalman Filter,Discrete Fourier Transform Machine Learning (ini algoritmanya seabreg, sebenernya ini nama disiplin ilmu) ky K-Newarest, Viola JOnes, Naive/Normal Bayes Classifier, dan lain-lain… banyak banget… tp penggunaan metode atau algoritma2 tersebut pun tergantung dari studi kasus yang di ambil atau penggunaan 2 algoritma yang saya gunakan untuk salaing melengkapi suatu proses pendeteksian dan tracking gerakan objek tertentu.
      :D/

  20. ariya pramana putra February 12, 2013 / 8:37 pm

    misi mas.. mw tanya ne… bisa gk metode lucas kanade di aplikasikan sebagai metode untuk pergerakan mata… krn ta saya mengacu seperti tema mas cm beda object… share dong mas….
    lewat YM ata FB: arya_tauruzzz@yahoo.co.id
    buat komunikasi…

    trima kasih mas….

    • situkangsayur February 15, 2013 / 9:42 am

      bisa saja, hanya saja masih banyak metode yang lainnya yang lebih tepat diterapkan untuk rekognisi pergerakan mata..

    • situkangsayur June 17, 2013 / 4:48 am

      Bisa saja, karena pyramidal lucas kanade ini untuk melakukan komputasi perpindahan pixel, jadi jika matanya sudah terekognisi ya tinggal hitung perpindahannya, langsung juga bisa jaa.
      Ya itu sudah saya share, bahkan skripsi saya ada di elib.unikom.ac.id hehehe

      ya itu saya juga sudah share fb, twitter, dan ym saya juga 😀

  21. Musadiq March 3, 2013 / 3:57 pm

    Oom mau nanya buat deteksi skin nya pake Hsv apa YCrCb ?Saya pake Hsv masih belum pas nilai Minimum ama maximum nya buat detect kulit.. jadi sekarang masih diakalin pake Sarung tangan Hitam trus ambil nilai Hsv dari sarung tangan nya.. Kl boleh tau Oom pake nilai minimum ama maximum nya berapa buat deteksi warna kulit 😀

    Satu lagi oom.. yg saya buat kl Tangan nya genggam Posisi cursor jadi pindah juga.. ngk jauh sih.. salah di Moment apa salah di Hull nya ya ?…

    Oya saya pake Vb.net oom..library nya pake EmguCV

    Bantuin dong oom 😀

    • situkangsayur June 17, 2013 / 4:45 am

      kalau yang di tempel gambarnya di blog itu pake YCrCb, tapi uji cobanya pake 2 format itu, kalau deteksi kulit tinggal liat di photoshop atau learning sendiri hehehe..
      kalau pake sarung tangan hitam, gak usah pake HsV jg bisa kedetect, ambil aja nilai hitam nol semua hehehe..

      Yang saya gunakan adalah :
      YCrCb :
      yccMin = (0, 131, 80);
      yccMax = (245, 185, 135);
      HSV :
      hsvMin = (0, 30, 80, 0);
      hsvMax = (20, 150, 255, 0);

      Pindah juga gimana ya maksudnya???

      saya gak familiar dengan .Net hahaha jarang pake windows saya 😀

      maaf baru di balas, saya baru baca, jarang buka buka blog kemarin hehehe

      • Musadiq June 26, 2013 / 9:27 am

        Saya ganti pake Java :D.. lebih enak pake java .. jadi ngk bergantung di satu OS.. Buat ngakalin segmentasi warna saya pake slider jadi nanti user tinggal atur slider langsung pas aplikasi jalan buat segmentasi warna nya 😀

        cuma yang belum nemu itu oom..Posisi kursor nya kalo Telapak tangan terbuka sama Menggengam ikut berubah.kayaknya salah pas nentepin Cente of Gravity di moment nya…Berubah nya gitu oom..jadi Kursor kalo tangan ketutup kursor nya ikut turun 😦

        kl saya liat di video oom .kan oom pake Tangan ngegenggam buat fungsi klik nya..nah punya oom saya liat kursor nya ngk berubah.. tetep di satu titik..

        Any idea oom 😀

      • situkangsayur June 26, 2013 / 12:36 pm

        C/C++ pun bisa 2 platform, itu kan dah pake qt framework (cross platform). Yang jadi masalah saya malas hrs bikin 2 singkronisasi (karena beda library untuk komunikasi dengan kernelnya) hahaha… saya malas buka windows 😀

        Kalau kata dosen S2 saya sekarang karena penelitian S2 sy jg di sistem rekognisi, seharusnya itu otomatisasi kalibrasi , jadi user tidak perlu set kalibrasi warna 😀 , tapi itu pilihan juga sih, asik juga bisa rubah2, jadi tidak tergantung hanya warna kulit.

        rahasianya adalah : Saya mengakalinya menghitung waktu respon, ketika tangan tertutup ada waktu yang diberikan agar si center point nya gak melorot atau naik tiba-tiba, sehingga ketika memberi input dan komputasi berjalan, kursor stabil hahhahahaha…

        semoga membantu.

      • Musadiq June 26, 2013 / 10:57 pm

        Hahahahaha… Akhirnya bisa oom :D…Udah bisa kagak pindah cursornya :D… Makasih..makasih …Makasih Banyak Oom :D…taunya itu trik nya :D… Udah pening2 ngutak-ngatik.. taunya itu Rahasia nya :D.. Makasih banyak oom..

        btw

        Enaknya pake Java jadi ngk perlu ngatur Library nya lagi Oom :D.. Buat fungsi mouse jadi ngk manggil Library buat manipulasi Fungsi mouse :D..kemaren sempet buat pake C..cuma ya itu Jadi perlu detect os dulu buat nentuin Library yang dipake..Pas nyoba Pake Java bener2 WORA :D..tinggal pake library java Aja :D..

        Makasih banyak ya oom 😀

        Btw ini reply nya jadi disini… di post oom dibawah ngk ada button reply 😀

  22. 4fdh0ltria June 12, 2013 / 9:18 am

    mantap karyanya mas,, bisa kasih tutornya gak…??? gx kebayang kalau maen game pake tangan doank di Indonesia cuma modal laptop ama kamera doank,, kalau mau yg langsung jadi mah mesti beli PS 3 or XBOX 360 dulu..

    😀

    • situkangsayur June 13, 2013 / 10:28 am

      terima kasih, alhamdulillah..
      wah sy sebenarnya ingin, tapi waktunya mepet-mepet, dan saya sering kena penyakit “M” (Males) nulis hehehe.. tapi ya insha Allah nanti saya coba tulis beberapa step-by-step nya untuk learn computer vision atau sistem rekognisinya, karena saya sendiri jg masih sibuk sama tugas kuliah 😀

      Sebenarnya kalau untuk PS 3 itu konsepnya hampir mirip, hanya PS3 sendiri memiliki kamera khusus namanya PS3 eye, sedangkan xbox itu memiliki sensor kamera namanya kinnect yang memiliki 3 sensor kalau tidak salah, harganya lebih mahal dari PS3 eye. Namun diakui kinnect memang jauh lebih handal dan sudah memiliki library sendiri untuk mempermudah proses development perangkat lunak.

      Namun yang saya tekankan disini adalah bagaimana potensi interaksi manusia dan komputer secara alami dengan gesture gerak manusia, namun menggunakan resource yang relatif cukup murah. (terutama tanpa harus beli device khusus seperti PS3 eye dan xbox kinnect ) hahahaa…

      • 4fdh0l June 14, 2013 / 7:14 am

        wah,, lagi sibuk kuliah ya mas..
        sorry deh mas..
        😀

        saya mo belajar2 ne untuk TA mas. And saya ngarep kali kalau mas bisa bantu saya buat ngasih ilmunya dikit2.. saya sih udah agak dikit2 paham untuk detect face dan tangan melalui opencv, tapi saya masih bingung ne mas untuk menghubungkan deteksi tangan di kamera ke cursor mouse,, kira2 mas bisa bantu gx mas..??

        🙂
        Terima kasih udah mau respon comment saya sebelumnya ya mas

      • situkangsayur June 17, 2013 / 4:35 am

        Saya sendiri mau tesis, jadi ya sama2 sedang mengharap bantuan orang lain hahaha…

        Saya juga sudah tulis referensinya di akhir artikel. Jika mengenai singkronisasi hasil rekognisi atau motion dengan mouse itu tergantung dari masing-masing sistem operasi, saya menggunakan gnu/linux sehingga menggunakan library X11, sedangkan untuk windows saya kurang tahu, kalau tidak salah menggunakan header “windows.h” tapi saya tidak tahu detail nya librarynya apa, karena saya sangat jarang menggunakan windows.

        Mungkin bisa search di google bagaimana mengakses pointer mouse di windows di google hehehe

        ya sama2..

  23. lili September 27, 2013 / 4:26 am

    I search on the HaarCascades algorithm for hand detection in emgucv, but i didnt found it ….. also i found some xml file but it works with opencv … i do not know i can it work exactly without problem..could you Please can you help me to find it.Also suffer from the problem because of the background and lighting so the selection does not have the form required, and we want this solution

  24. bon jovy October 19, 2013 / 9:01 am

    good day sir pls could share to me your project it will really really this to my thesis project…. pls help thank you

  25. dzikri January 16, 2014 / 6:07 am

    Assalamu’alaikum mas Hendri
    mas mau tanya cara kerja metode Pyramidal Lucas Kanade secara detail itu gmn ya mas sampai bisa mendeteksi pergerakan tangan. Karena kebetulan saya mengambil tesis tentang tracking jari tangan menggunakan metode Pyramidal Lucas Kanade.

    Terimaksih atas perhatiannya.

Leave a Reply

