Little Karisma Widget Framework

Assalammu’alaikum :D/

Kali ini saya mau share mengenai aplikasi kecil yang saya buat untuk komponen swing, sebenarnya saya pernah membuat yang jauh lebih baik hanya sajah saya kena musibah hard disk saya pada bulan maret atau akhir februari gitu ya… itu terbakar … hahahaha… #tragis. Akhirnya saya coba buat dari awal dengan source yang saya temukan di beberapa project jaman-jaman saya kuliah S1 dulu.

Ok pertama saya mau jelasin buat apaan sih nih aplikasi. Mungkin sebelumnya ada yang pernah lihat postingan saya Aplikasi Sistem Pakar yang masih  bodoh dengan menggunakan java (bisa dilihat disini), nah dalam aplikasi tersebut basisnya adalah desktop, dan menggunakan Swing. Akan tetapi Swing yang saya gunakan agak di rubah sedikit, dan mungkin ada yang sudah tau bagaimana caranya, jadi aplikasi kecil ini untuk yang belum tau sajah cara membuatnya hehehe…. Source dan ilmu aslinya saya dapatkan dari kang Eko Kurniawan Khannedy, salah satu orang yang menjerumuskan saya ke java hahahaha… link blog nya ada di bawah kanan blog saya ini.

beberapa hasil tampilan yang menggunakan aplikasi atau framework kecil ini dapat dilihat sebagai berikut :

Nah kira-kira salah satu hasilnya seperti itu, sebenarnya saya ingin memperlihatkan hasil yang lainnya, namun karena hard disk saya kemarin hancur jadi saya tidak memiliki data-datanya lagi, hahahaha…

Karisma Widget Frameworknya bisa di download di link github di bawah postingan ini, dan untuk menggunakannya cukup add KarismaWidget.jar ke dalam project kalian.

Nah setelah itu tinggal buka project lalu buka folder lib, lalu expand, dan lihat setiap packagenya, tinggal drag komponen yang dibutuhkan ke JPanel dan JForm atau pun JFrame.

Berikut url link untuk untuk men-download framework widget swing ‘Karisma Widget’ :

https://github.com/situkangsayur/Karisma-Widget-Framework

Leave a Reply

