Review in 2012 and My Little Experience

Assalammu’alaikum..

Posting pertama di 2013..

Mungkin mencoba mereview tahun 2012 dan merencanakan target tahun ini, hahahaa…

Tahun 2012 saya memulai pekerjaan baru sebagai dosen program studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Komputer Indonesia, dengan berbagai kejutan yang tidak saya sangka-sangka sebelumnya. Ternyata menjadi dosen itu lebih berat daripada menjadi seorang engineer profesional di lapangan hahaha, terutama soal gaji hahaha.. Ya jujur saja perbedaannya sangat signifikan dengan tanggung jawab yang lebih besar daripada software development hahaha…

Dan mungkin uniknya dalam sekejap tiba-tiba saya menjadi orang yang dianggap sangat bijaksana diantara para mahasiswa saya, yang padahal saya sendiri baru 2 tahun lalu lulus dari UNIKOM. Efeknya adalah ketika saya mengajar saya sering menyetarakan cara pemahaman saya dengan para mahasiswa, tapi yang itulah cara saya mengajar, “tidak ada dosen yang ideal, jika ingin mencari dosen yang ideal mungkin lebih cocok di perguruan tinggi yang memang berkosentrasi pada ilmu mendidik atau pendagogi kalau tidak salah” hahaha…

Di tahun kemarin saya lebih banyak mengajar mata kuliah teori yang membutuhkan teknik pemrograman dan di semester ganjil saya mengajar Algoritma yang merupakan suatu ilmu yang merupakan dasar fundamental dari ilmu komputer. Saya sempat mendapat tugas mengajar mata kuliah sistem multimedia, tadinya saya berencana sedikit merubah isi materinya agar dapat diimplementasikan, namun ternyata jadwal saya sangat padat sehingga mengganggu jadwal mengajar saya untuk 3 kelas dalam mata kuliah tersebut, sehingga disemester selanjutnya saya ambil jumlah sks untuk mengajar sesuai dengan jadwal saya tidak berlebih (walaupun sebenarnya jadwal mengajar berlebih kemarin karena diminta untuk menggantikan dosen yang seharusnya mengajar sistem multimedia).

Di pertengahan tahun 2012 juga saya mulai kembali kuliah di magister Sekolah Teknik Elektro dan Informatika ITB dengan program studi Informatika dengan konsentrasi opsi Informatika atau banyak yang menyebutnya Ilmu Komputer tetapi tetap disingkat menjadi IF saja hahaha… Saya bertemu dengan banyak teman baru dan satu teman lama (hahaha teman lamanya ken kinanti teman satu angkatan di S1 teknik informatika UNIKOM hahaha) dan saya sudah punya firasat kalau di kelas saya satu angkatan ini bukan manusia-manusia biasa, pertama karena pilihan kuliah magister tentunya bukan pilihan untuk hanya sekejar mengisi luang hahahaha, kedua beberapa diantaranya memiliki background yang berbeda-beda, ada yang dari if itb ada yang dari its, poltek its, ada yang dari matematika unpad, upi, ithb, dan lain sebagainya, saya sendiri dari UNIKOM hahaha, entah mengapa kalau saya sebutkan UNIKOM pasti ditanya soal robot hahaha.. yang mungkin prestasi yang lebih menonjol itu divisi robotikanya UNIKOM. Dan benar saja masing-masing dari teman baru saya itu kemampuannya semuanya diatas rata-rata, dan mendadak saya menjadi mahasiswa paling bodoh disitu hahahaha…

Dan kesulitannya adalah saya bekerja sebagai dosen juga sedang terikat dalam sebuah project, walaupun tidak secara formal, tapi saya sudah melakukan persetujuan hitam diatas putih, dan kalau saya mundur, wah bahaya itu artinya integritas saya itu buruk dan saya sangat tidak profesional. Jadilah saya manusia dengan 3 pekerjaan , sebagai mahasiswa S2, software engineer dan dosen UNIKOM hahaha… dan disitu badan saya setiap malam minggu seperti rontok semua hahahaa…

Beberapa tugas banyak yang tidak dapat saya penuhi secara maksimal terutama mata kuliah Machine Learning yang dosennya sebenarnya merupakan dosen wali saya sendiri yaitu Dr. Masayu Leylia Khodra, saya sendiri menjadi merasa tidak enak hehehe.. karena mata kuliahnya hari selasa dan hari paling padat, sedangkan hari seninnya biasanya saya coding untuk project sampai begadang biasanya (maklum kejar deadline) dan selasanya saya kuliah 3 mata kuliah sampai jam 5 sore, disambung mengajar di UNIKOM dari jam 5.30 sore sampai jam 7 malam, dan besoknya saya mengajar jam 6 sore hingga jam 9 malam, dan lusanya saya mengajar jam 5.30 sore sampai jam 8.30 malam hahahaa… ya saya tidak bisa jadikan itu sebagai alasan karena saya sudah menyadari kemungkinan yang terjadi, hahaha maklum nyari tambahan pemasukan =)))

Hingga saya diberi kesempatan oleh Pak Dwi Wakil Dekan STEI untuk menyelesaikan Tugas Teknologi Mesin Pencari saya untuk membuat Tugas Indexing dan Querying karena kebetulan beliaulah dosennya hehehe.. saya banyak mendapat wejangan dari dosen-dosen tersebut. Dan setiap saya di doseni oleh dosen ITB, pasti saya langsung bengong, maklum atmosfirnya cukup berbeda dengan di tempat saya studi S1. Mungkin atmosfir ini dipengerauhi oleh suasana kelas yang dibangun oleh mahasiswa/i teman seangkatan saya. Semua konsentrasi dengan seluruh yang diterangkan dosen, saya kagum sekali dengan mereka semua, dan kalau tidak memperhatikan lebih baik tidur (dan ini saya ikuti tertidur di kelas, bukan krn saya sudah mengerti, tapi karena saya kelelahan begadang sebelumnya karena kejar setoran hahahaha)

Sehingga hasil untuk semester awal ini cukup hancur hahahaha.. sehingga di semester baru ini (genap/semester II) saya akan berusaha memperbaiki segalanya hahaha, dan mau tidak mau saya tidak bisa menerima project dahulu karena jatah coding saya akan saling berkompetisi untuk mendapatkan prioritas untuk dikerjakan dahulu hahahaha…

Saya selalu kagum dengan apa yang diajarkan, mereka selalu mulai dengan sesuatu yang kecil yang biasanya sesuatu yang kecil itu terkadang tidak kita sadari misalkan tiba2 menanyakan “apa itu informatika?” “apa itu efisiensi dan efektifitas?” … karena ternyata seluruh mata kuliah kami di opsi informatika lebih banyak mengutamakan efisiensi dan efektifitas dari metode yang kita gunakan untuk menyelesaikan suatu masalah, dan itu membuat saya kagum dan tambah bengong lagi hahahaha…

Dan ketika ujian, sepertinya tanpa di awasi pun kami tidak akan mencontek. Di kampus ini integritas saya diperbaiki dan ditempa, kejujuran bukan suatu aturan tapi merupakan budaya atau kultur yang harus menempel menjadi suatu gerak refleks yang secara otomatis kita kedepankan dibandingkan orientasi terhadap hasil. Seperti apa kata tema sekelas saya “untuk apa kita curang? kita sendiri yang rugi… biarkan dosen mengetahui sampai dimana kemampuan kita.. dan kita intropeksi dan perbaiki apa yang kurang kedepannya…” saya cukup kaget.. tapi saya senang mendengarnya, hahahaa… Proses yang benar dan baik adalah hal yang utama dibandingkan hasil yang benar dengan proses yang salah. Integritas tinggi hal selalu dituntut dalam setiap ucapan dan prilaku, diimplementasikan dalam setiap hal dengan kejujuran.

Dan saya sadar ini yang membedakan kampus tempat saya studi S1 dengan tempat studi S2 saya sekarang. Semua bergerak secara simultan, aktif, cepat, mematikan hahahaa… semua kritis, dan harus memiliki landasan yang kuat untuk mempertanggung jawabkannya. *entah saya nulis apa ini* hahaha

tapi itulah yang saya rasakan di itb, kalau secara materi perkuliahan sih, memang lebih berat hahahaha… tapi saya senang dengan itu semua, dan memang itu yang saya cari hahahahhaa.. dari pada kursi saya ditendang-tendang teman saya untuk menanyakan jawaban ujian hahahaa… Dan setiap hari saya selalu mendapatkan hal yang baru, dan suasananya benar-benar mendukung untuk terus mencari informasi secepat mungkin dan sebanyak mungkin hahahaha…

Dan itu juga yang saya coba terapkan ketika saya mengajar di UNIKOM pada akhirnya, mungkin terlalu tinggi harapan saya, tapi kenapa tidak?? hahahaha…

ya mudah-mudahan saya bisa merealisasikan untuk memperbaikin nilai saya disemester selanjutnya… aammmiiinnn…

hahahaha 😀

Wassalamm….

One thought on “Review in 2012 and My Little Experience

  1. sjamblang March 7, 2013 / 2:40 pm

    mantab pak tulisannya,,
    .
    semoga harapan bapak untuk membuat suasana tersebut di unikom terwujud,,

    gak ada yg gak mungkin,,

    “man jada wa jada”

Leave a Reply

