Acara FLS2, O2SN dan OSN SLB (Sekolah Luar Biasa) Tingkat Provinsi Jawa Barat 2013

Assalammu’alaikum, wr, wb,

Hari ini saya akan share mengenai pengalaman saya menjadi juri di  event FLS2 (Festival Lomba Seni Siswa Nasional),  O2SN (Olimpiade Olahraga Sain Nasional) dan OSN (Olimpiade Sain Nasional) tingkat provinsi Jawa barat 2013 untuk Sekolah Luar Biasa. Acara ini dibuat dalam rangka komitmen Mendiknas, Setarakan SLB dengan Sekolah Umum Perlakuan antara sekolah luar biasa dengan sekolah umum seharusnya tidak ada perbedaan. Dalam event ini dilombagakan bermacam kompetisi dari berbagai bidang seni, sain, dan olah raga. Seperti, melukis, menari, menyanyi, dari sains misalkan matematika, ipa, Information Technology dan lain-lain, dan juga dari olah raga, seperti lomba balap kursi roda, lempar cakram dan lain-lain.

Kebetulan satu minggu sebelumnya saya diminta untuk menjadi juri di event tersebut untuk perlombaan IT (membuat Blog). Kebetulan salah satu panitianya adalah paman saya, dan paman saya mengetahui bahwa saya sendiri sekarang sedang menjadi dosen di teknik informatika unikom dan sedang jadi mahasiswa di informatika stei itb (mudah2an cepet lulus aammiinnn), sehingga beliau meminta saya untuk menjadi juri pada event tersebut. Akhirnya karena melihat jadwal pada hari H event tersebut kosong sehingga saya menyetujui saya bisa menjadi juri pada perlombaan IT tersebut, dan beliau meminta 1 orang juri lagi yang ahli dalam bidang IT untuk ikut menjadi tim penjurian. Akhirnya saya mengajak teman S2 saya di informatika stei itb untuk ikut menjadi juri, karena teman saya ini (mahar namanya) merupakan dosen di Universitas Muhammadiyah Malang, sehingga bagi kami ini dapat menjadi credit point masuk kategori pengabdian masyarakat.

Pada tanggal 20 Mei sebelum hari H saya harus meyelesaikan tugas saya dulu untuk memenuhi tugas UAS saya di Informatika itb, kebetulan waktu itu dosen pengampunya adalah Prof. Iping dan tugasnya cukup juara sehingga saya harus menginap di Mc Donald Simpang Dago lalu diusir jam 3.30 pagi hahaha, akhirnya saya pulang lalu meneruskan mengerjakan laporan tugas dan membenahi beberapa code program. Setelah itu pukul 14.00 saya menghadap Pak Iping untuk menyelesaikan tugas saya, lalu absensi tugas baru dinyatakan selesai dan ternyata saya masih belum menyelesaikan tugas sehingga saya diberi waktu 1 minggu lagi hahaha…

Setelah bertemu pak iping saya langsung berangkat ke cianjur dari itb, naik angkot ke leuwi panjang lalu naik bus MGI arah sukabumi yang melewati cianjur, dan itu pertama kali saya naik bus antar kota dengan teman saya berdua. Karena biasanya saya sering naik travel, dan ternyata harga bis itu lebih murah dari travel, ke cianjur itu dari bandung hanya 15,000 rupiah… dasyat..

Sampailah saya di ramayana cianjur, lalu dilanjut naik angkot ke arah cipanas, karena eventnya diadakan di cipanas tepatnya di Green Hill Resort. Kita sampai sekitar pukul 8.00 malam, lalu segera masuk ke ruang teknikal meeting, karena seharusnya kita tiba dari siang hari sewaktu pembukaan, namun karena ada urusan akademik di itb, jadi kita datangnya terlambat malam hari. Disana kita berdiskusi dahulu dengan pihak panitia perihal pelaksanaan lomba dan komposisi nilai yang akan digunakan.

Setelah itu kami di teraktir makan oleh om saya (adik dari bpk saya) hahaha lumayan, sate maranggi yang di cipanas depan pegadaian kalau gak salah. Setelah itu kita kembali ke villa masing-masing, kebetulan villa kami di ujung sebelah timur. Keesokan paginya kita kembali mendiskusikan sistematika penilaian dan sarapan dulu. Siang hari 11.30 wib, kami check tempat dan panitia mempersiapkan ruangan, kita check koneksi. Setelah itu lomba pun dimulai.

2013-05-22 08.53.08

Suasana Green Hill resort pagi hari

2013-05-22 08.53.04

2013-05-22 09.12.17

2013-05-22 09.12.28

2013-05-22 09.26.37

2013-05-22 09.40.03

Ini nih orang Indonesia naro sampah ampe segitunya hahahhaa

2013-05-22 09.42.38

Ada 15 peserta perwakilan dari 15 kota di Jawa Barat, (tidak semua kota mengirimkan perwakilan) karena ternyata lomba IT (blog) ini baru pertama kali diadakan di Jawa Barat, walaupun ternyata juklak nya sudah ada di tingkat nasional. Semua peserta bersiap, membuka laptop dan modem masing-masing. Semua peserta merupakan Siswa/i berkebutuhan khusus atau Luar Biasa atau kondisi mental atau fisiknya mungkin tidak sesempurna kita semua, dan didampingi masing-masing pembimbingnya. Saya agak kebingungan karena hampir semuanya berkomunikasi dengan bahasa isyarat. Namun saya sudah terbiasa karena kebetulan kakek saya pun mendirikan sekolah luar biasa di daerah Cijerah I, Bandung (namun sekolah tut wuri handayani tidak lolos kompetisi tingkat kota hahaha).

2013-05-22 11.32.54

Akhirnya panitia menjelaskan aturan permainan, serta menjelaskan sistematika penilaiannya. Pembimbing diberikan waktu 10-15 menit untuk menjelaskan instutruksi yang harus dilakukan oleh para peserta. Setelah itu pembimbing keluar dan biarkan anak-anak didiknya berkompetisi secara sportif. Lomba pun dimulai, para guru pembimbing pun keluar dari ruangan lomba, dan melihat siswa/i mereka berlomba dari balik kaca.

Yang menarik dalam hal ini, para guru terlihat lebih tegang dari pada anak-anak didiknya sendiri hehehe.. Para peserta memang ada 1-2 yang gelisah, namun sisanya asik dengan masing-masing laptop untuk membuat blog dengan baik dan bagus. Ada beberapa peserta yang menarik perhatian saya, yaitu peserta perwakilan dari Bandung yang merupakan perwakilan SMP BPK Penabur, (sekolah inkulis : sekolah normal yang dititipi peserta didik Luar Biasa/berkebutuhan khusus) yang bernama timothius, dan dari Kabupaten Bandung yang bernama Joni Irawan. Timothius ini menggunakan perangkat lunak yang relatif canggih/terbaru, seperti windows 8 dan terlebih lagi dia mampun menggunakan Photo shop, setiap juri diperkenankan berkeliling melihat yang dilakukan setiap peserta dan memberikan penilain terhadap keterampilan/kemampuannya dalam menyelesaikan tugas kompetisi. Dan Joni Irawan ini mungkin dia memiliki gangguan pada syaraf motoriknya namun , kemampuannya tidak dapat diremehkan hahahaa…

Pada dasarnya rata-rata peserta kesulitan dalam membuat blog, mungkin bagi orang normal sih mudah. Mereka kesulitan untuk membuat akun email dan wordpress, namun ada beberapa yang sudah terbiasa dengan mendaftar blog atau membuat blog. Peserta yang cukup cepat ketika mendaftar yang saya ingat adalah annisa, khalil ibrahim, Rija dari Tasik, Irpan dan Chandra. Namun dari semua peserta timothius dan joni ini yang cukup mencolok, karena hingga pertengahan lomba, mereka konsisten membangun blog terus berkembang dibanding yang lain. Ada juga dari Sumedang yang Bergas yang cukup menarik juga.

2013-05-22 11.33.00

2013-05-22 11.33.59

2013-05-22 11.42.09

Akhirnya selesailah perlombaan, kami para juri, mengambil url dari setiap blog, dan mengecheck dari segi originalitas, blog harus dibuat oleh peserta sendiri pada saat lomba baru dimulai, bukan buatan pembimbingnya masing-masing. Desain, desain dibuat semenarik mungkin namun tetap easy to use, dan easy to learn. Content, isi materi blog yang diambil harus relevan dengan tema yang sudah ditentukan (yaitu tentang sekolah masing-masing peserta). Kemampuan, kemampuan setiap peserta dinilai ketika proses pembuatan blog itu sendiri oleh setiap juri. Dan juga kompleksitas, semakin kompleks blog yang dibangun atau semakin kumplit namun tetap readable, maka semakin besar nilai yang diberikan.

2013-05-22 12.49.53

2013-05-22 12.50.05

Oh ya saya hampir lupa, juri Pertama yang merupakan dari Universitas Pendidikan Indonesia adalah Dr. Endang (saya lupa nama lengkap beliau). Beliau orang nya humble sekali, terbuka, rendah hati, dan terlihat memang beliau adalah seorang Doctor dibidang Pendidikan Luar Biasa. Akhirnya kami para juri memberikan penilaian untuk setiap peserta, dan saling berdiskusi.

Dan akhirnya menghasilkan juara pertama diraih oleh perwakilan bandung Timothius dan juara 2 diraih oleh Joni dari Kab. bandung, dan juara ketiga diraih oleh Bergas dari Sumedang. Kami pun sepakat dan memang sudah melihat hasil ini dari sejak awal. Kami pun sepakat kagum dengan kemampuan setiap peserta dan hasil yang diperlihatkan oleh mereka. Ya memang ada dua orang yang berbuat curang, namun ya saya anggap kecurangan itu berasal dari pembimbing masing-masing.

2013-05-22 13.21.57

2013-05-22 13.25.40

2013-05-22 13.25.57

2013-05-22 13.27.24

2013-05-22 13.28.14

2013-05-22 13.30.36

2013-05-22 13.40.45

2013-05-22 13.41.11

Dan yang menarik adalah mereka lahir dengan segala keterbatasan mereka, namun tidak segalau dengan orang yang diberi banyak kelebihan sehingga lupa keterbatasan mereka sendiri.

walapun kompetisinya tingkat provinsi untuk mencari wakil jawa barat tapi gurunya di balik jendela sering memberi instruksi kepada murid-muridnya dengan bahasa isyarat, hanya saya dan teman saya yg tidak mengerti bahasa mereka. Namun yang peling sering di instruksi kan oleh gurunya adalah “BAGUS, SUDAH BAGUS” apapun yang dikerjakan oleh anak didiknya, walau salah atau kurang bagus hasilnya, mereka mengatakan “BAGUS” atau “SUDAH BAGUS”.

Rupanya ini ber-efek pada mental mereka yang terus bertahan sampai waktu habis. dan mereka tidak mengerti menyontek krn gurunya tidak pernah memvonis mereka bodoh atau buruk atau jelek walau mendapat hasil yg kurang memuaskan.

Yang terjadi di pendidikan formal (normal) adalah aktifitas me-label-kan setiap siswa/i menyebabkan mental si anak cenderung menaik ketika memang dia diberi support positif, namun akan relatif menurun ketika mereka divonis tidak baik, sehingga tertanam dalam hatinya apa yang dikatakan orang dia panuti seperti guru dan orang tua.

Ditambah dengan antusiasme mereka pada setiap lomba,

Berikut adalah URL dari masing-masing peserta dari 16 perwakilan kota di Jawa Barat :

1. http://slbtasik.wordpress.com

2. http://sofyanayana512.wordpress.com

3. http://alfiperwari.wordpress.com/

4. http://slbbpancarankasih.wordpress.com/

5. http://candra45.wordpress.com/

6. http://slbnbpembina.wordpress.com/ (Juara III)

7. http://smpbpibandung.wordpress.com/ (Juara I)

8. http://uumi13.wordpress.com/

9. localhost (belum di publish, krn kesalahan spec)

10. http://slbroudhotuljannah.wordpress.com  (Juara II)

11. http://khalilibrahim303.wordpress.com/

12. http://helmiheriyanto96.wordpress.com

13. Tidak hadir

14. http://azharyritonga.wordpress.com/

15. http://sekolahslbnbekasijaya.wordpress.com/

Dan selamat bagi para juara…
Sekian reportasi dari saya…

saya Hendri Karisma … dengan foto grafer saya sendiri dan Mahar Faiq … wassalammu’alaikum, wr,wb… 😀

4 thoughts on “Acara FLS2, O2SN dan OSN SLB (Sekolah Luar Biasa) Tingkat Provinsi Jawa Barat 2013

  1. rina June 7, 2013 / 9:10 pm

    pengalaman yang luar biasa.

  2. likyoyon July 30, 2013 / 11:31 am

    Mohon info tentang Juknis lombanya, apakah berdasarkan jenjang pendidikan “SMPLB” ataukah umurnya si peserta lomba??, berkenaan dengan anak didik kami dari JOGJA juara 1 namun koq tdk bisa mewakili DIY ke nasional, alasanya kelahiran 1997 padahal anaknya baru kelas 2 smplb? tolong kalau punya juknisnya di kirim ke email kami slbn1bantul@yahoo.co.id

    • situkangsayur July 30, 2013 / 9:41 pm

      Waduh maaf pak, kebetulan saya hanya diminta sebagai juri pada event tersebut, untuk Juknisnya mungkn bisa ditanyakan pada salah satu panitia di provinsi Jawa Barat.
      Namun yang berlaku kemarin dalam kompetisi yang saya jurikan adalah juara pertama yang mewakili provinsi ke tingkat nasional dengan persyaratan (untuk menjadi peserta) bukan siswa kelas 3 (baik SMPLB ataupun SMALB).

      ini email/YM panitia yang mengkoordinasikan untuk kompetisi IT (Blog) :
      han_mita[at]yahoo[dot]com

Leave a Reply

