Big Data dalam Social Media Analysis

Social Media merupakan issue yang sangat hangat diperbincangkan dalam berbagai bidang, salah satunya pemerintahan dan juga eknonomi, karena perkembangan yang terjadi dalam social media dapat menjadi acuan atau bahkan dapa mempengaruhi kejadian yang mungkin terjadi dimasa yang akan dating.

Sesuai yang dikatakan gartner mengenai Big Data “high-volume, high-velocity and high variety information assets that demand cost-effective, innovative forms of information processing form enchanced insight and decision making” . Big data merupakan data yang memiliki volume yang sangat besar, memiliki velocity yang tinggi, dan verietas informasu yang tinggu pula, sehingga dibutuhkan suatu bentuk pemrosesan untuk meingkatkan pengetahuan dan pengembilan keputusan. Dan itulah yang dibutuhkan dalam intelijen bisnis.

Terdapat beberapa tahapan dalam proses data yang dapat diambil adalah data, information, knowledge dan wisdom dalam penggunaan informasi dan knowledge tersebut. Sistem informasi itu sendiri seperti yang sudah dijelaskan dalam intelijen bisnis adalah untuk melakukan pengambilan informasi dari data di masa lalu, untuk menempilkan informasi mengenai kondisi bisnis hari ini dan melakukan prediksi dimasa yang akan dating.

Terjadi perubahan paradigm mengani informasi antara masa sebelum tahun 2000 dan masa setelah tahun 2000. Di masa sebelum tahun 2000 terjadi kelangkaan informasi sehingga menjadi suatu tantangan untuk meningkatkan jumlah informasi, namun setelah tahun 2000 yang terjadi adalah information overloading sehingga dibutuhkan suatu filtering infromasi dan sumber yang dapat dipercaya. Salah satu yang dibutuhkan dalam pengolahan informasi dan penyajiannya adalah relevancy dari informasi yang disajikan.

Social media merupakan sumber data yang sangat besar dan memiliki perubahan yang kontinu dan sangat singkat rentang waktu perubahannya juga memiliki relevansi yang cukup besar untuk berbagai bidang. Dalam 60 detik terdapat jutaan perubahan yang terjadi dalam social media, sehingga data yang dapat digunakan didalam social media sangat massive. Dan sangat banyak hal yang menjadi issue didalam social media dari berbagai bidang, dari mulai ekonomi, politik, agama hingga olahraga, dan data tersebut dari berbagai social network yang ada yang memberikan akses terhadap masing-masing system untuk mendapatkan data yang dibutuhkan dari mulai beberapa informas akun yang dibuka oleh masing-masing user (diizinkan untuk di share) hingga informasi timeline mengenai posting dari setiap akun.

Sehingga potensi penerapan big data dan analsis terhadap data yang diproses sangat besar dan bernilai. Banyak organisasi bahkan industry yang menggunakan analisis social media sebagai acuan prediksi apa yang akan terjadi pada suatu tujuan atau bahkan pasar (market). Sehingga hasil analisis yang dilakukan dari social media ini sangat bermanfaat dan sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas pengambilan keputusan sehingga bisnis dari suatu organisasi akan lebih memiliki intelijen dan dapat melakukan pengambilan keputusan yang tepat terutam untuk beberah langkah keputusan yang sangat vital dampaknya terhadap keberlangsungan bisnis organisasi tersebut.

Analisis dapat dilakukan dari mulai citra suatu tokoh, tempat traveling, kondisi atau issue yang sedang hangat diperbincangkan, opini public terhadap berbegai hal, hingga kondisi pasar (market) setiap waktunya. Sehingga dimasa yang akan dating diharapkan tidak ada limit yang dapat membatasi informasi dan analisisnya dimasa yang akan dating.

references :

Workshop Big Data, ITB, 29 NOvember 2013.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s