CodeLabs UNIKOM

Assalammu’alaikum,

Kemarin seminar opensource merpakan salah satu kegiatan awal dari Divisi CodeLabs UNIKOM. Acara ini sendiri diadakan oleh divisi codelabs dan dosen program studi if unikom (walau cuma dua orang, saya dan pak adam hehee).

Apa itu Divisi Codelabs UNIKOM.

Codelabs merupakan divisi programming, software development, dan research computer science milik Universitas Komputer Indonesia, Bandung. Anggota Codelabs merupakan mahasiswa-mahasiswa unikom yang memenuhi syarat, apa syaratnya? merupakan mahasiswa aktif UNIKOM dan memiliki kemauan dalam mempelajari hal yang baru hahaha.. simple kan… betul, karena selama kita mau berusaha dan berdo’a insha Allah akan berhasil, manjadda wa jadda.

Codelabs berawal dari club programming atau komunitas programming yang di bentuk Pak Adam Mukharil Bachtiar, dan Kang Eko Kurniawan Khannedy ketika Bu Mira Kania Sabariah menjadi kaprodi di teknik informatika UNIKOM (dan beliau pun salah satu inisiasi bahkan yang menugaskan untuk membentuk Unikom Programming Team).

Dulu namanya Unikom Programming Team lalu atas permintaan Dekan yang baru pada waktu itu adalah Pak Arry Akhmad Arman (dosen itb) untuk dirubah namanya, sehingga kami memilih menjadi CodeLabs UNIKOM (sayang Pak Arry kembali ke ITB karena diberi tugas lain disana hehehe), dan setelah lama jatuh bangun selama 4 tahun akhirnya UNIKOM mengakui keberadaan CodeLabs hehehe, dan kami dibentuk menjadi divisi CodeLabs UNIKOM dan akhirnya punya ruangan sendiri. (sebelumnya kita pinjem ruangan program studi teknik informatika unikom untuk latihan atau kumpul-kumpul, bahkan ketika saya menjadi kordinator CodeLabs ketika saya sedang kuliah S1 lebih sering ngampar, lesehan di lantai area gedung unikom area teknik informatika).

Kordinator awal CodeLabs adalah Eko Kurniawan Khannedy (ankatan 2006), kordinator kedua adalah saya sendiri (angkatan 2007), yang ketiga adalah Andi Susanto (angkatan 2008) namun dalam perjalanannya peran Andi ini lebih banyak di tangani oleh Ilham Andrian (angkatan 2008), dan hingga kordinator terakhir dan sekarang masih dipegang oleh Aditya Rakhmat dan Abdu Sofyan Baihaqi (wakil) angkatan (saya lupa mereka angkatan berapa hahaha).

Unikom Programming Team (UPT)

Dulu Unikom Programming Team (UPT) memiliki 1 anggota yaitu Eko Kurniawan Khannedy saja hahaha, sedih kan 😀 , setelah itu saya masuk, bersama teman yang lain, Robi Tanzil Ganefi, Rully Harisaman, Andreas Saputra, Maharani, Restiana Ayunita, dan tambahan dari MUGI (Microsoft User Group Indonesia) para MSP (Microsoft Student Partner) tapi saya sendiri bingung dahulu kala ini anak2 MUGI seringnya gak ada ditempat, cuma promosi produk microsoft doang pas ada hahaha..

itu angkatan pertama, angkatan saya, angkatan yang dicekokin teknologi java hahaha..

Angkatan pertama dilatihan habis-habisan oleh Kang Eko Kurniawan dan Pak Adam untuk ikut kompetisi, dan biasanya acara latihannya dari jam 7 sampai jam 1, atau jam 12 sampai gak tau kadang ampe maghrib atau malem, jadi kepala kita pada ngebul semua dijejali java, opensource dan teknologi yang bagi saya dulu aneh-aneh, karena saya baru tahu dari Kang Eko.

Dulu Kordinatornya ketua java user group bandung dan opensource mania, jadi kita pun dicekoki hal yang sama, yang akhirnya menjerumuskan saya ke dunia opensource :p . Ditambah dulu saya suka main ke IGOS (Indonesia Goes Open Source) Center dan ketemu Kang eko lainnya (ada 2 orang di IGOS dulu yang namanya Eko) plus ada dosen itb (tek. fisika) Pak Eko Mursito, ya Ampun ini yang namanya eko banyak sekali hahahaha.. dan ketika saya masuk ke komunitas KPLI (Komunitas Pengguna Linux Indonesia) Cimahi ketemu lagi yang namanya Pak Eko Didik dulu dosen ITB sekarang pindah ke UNDIP. hahahaha eko semua namanya.. :v

Akhirnya setelah berlatih ternyata kita kalah terus dalam programming contest, hhaahahaha.. entah kenapa universitas lain sangat cepat menjawab soal programming contest hahaha, dan akhirnya kami ikutan INAICTA 2011 (tim saya) dan itu penghargaan pertama kami lumayan dapet Merit Award , dan dapat kesempatan menjadi nominasi ke APICTA 2011 Thailand.

Tahun selanjutnya tim ilham dan yugi tidak menang INAICTA 2012 karena kategori green technology ternyata tidak diberi award, tapi diberi tiket menjadi nominasi di APICTA 2012 di Brunai, next 2013 tim angkatan selanjutnya hyjabs meraih Winner INAICTA 2013 (saya lupa kategorinya) , dan mendapat tiket APICTA 2013, tapi codelabs memilih mengikuti ICT Serve (saya gak tau nama acaranya) di Taiwan, jadi gak ikut APICTA 2013 (saya lupa dimana) hehehe.

Walau belum berhasil menembus tingkat International (baru menjadi nominator hehehe #lumayan) setidaknya ini awal yang baik bagi CodeLabs yang sekarang semakin terbentuk kultur dan organisasinya juga proses development perangkat lunaknya.

CodeLabs pun menjadi wadah untuk mahasiswa unikom khususnya Teknik Informatika untuk saling sharing berbagi banyak hal informasi ataupun makanan hahaha, dan saya berharap di masa yang akan datang CodeLabs akan terus menjadi lebih baik, mengingat membangunnya tidak mudah. Dan saya berharap dapat dimanfaatkan UNIKOM terutama Program Studi Teknik Informatika terutama mahasiswanya secara positif, karena banyak hal yang ada di CodeLabs namun tidak ada dalam perkuliahan terutama bagi mahasiswa UNIKOM.

Sehingga kemarin pun diawal tahun codelabs mengadakan acara workshop dan seminar berbagai informasi, topik, dan materi, sehingga kami bisa men-share apa yang sudah kami tahu, dan juga dapat melakukan validasi apakah yang kami tahu sudah benar, masih kurang, atau bahkan salah. 😀

“Use Us” hahahaa…

1240488_10201480551553177_359295635_n

Leave a Reply

