Apa itu Node.JS

Kali ini saya share mengenai node.js, sebuah framework dari joyent, dan creatornya adalah Ryan Dahl. Yang unik dari framework ini adalah, nodejs merupakan platform untuk webapp ataupun aplikasi socket. Dan nodejs dibangun dengan menggunakan javascrtipt sebagai, dan C++ sebagai corenya.

Jika dianalogikan nodejs ini seperti apache web server ataupun nginx atau glassfish, namun cukup dengan source code beberapa line kita dapat membuat server sendiri dan dengan menggunakan javascript. Biasanya kita menggunakan javascript pada front end untuk membuat User Interface yang lebih dinamis, namun dengan node.js, javascript digunakan pada sisi back-end atau server-side, midleware atau pun hingga front-end.

Node.js ini dibangun oleh google di atas engine v8  google, dari namanya saja sudah terlihat v8 merupakan nama mesin untuk mobil sport. Saya pada kesempatan seminar kemarin sempat membuat sedikit screen cast mengenai node.js, mungkin masih jauh dari kata bagus, tapi silahkan dinikmati.

Screencast ini dibuat dari mengenai pemecahan masalah apa yang sebenarnya ingin dipecahkan oleh google dengan membuat node.js, beberapa sample code hello world, hingga contoh penggunaan node.js untuk CRUD dengan menggunakan express web app framework, yang merupakan framework untuk membangun web app dengan mudah di node.js. Dan dalam screencast  contoh crud yang dibuat menggunakan database mongodb, dan sedikit dijelaskan mengenai mongodb itu sendiri. Videonya sendiri sudah di upload ke youtube dan terdiri dari 3 bagian.

Video Screencast tutorial node.js bagian 1 :

Ini adalah video bagian 2 nya :

dan ini adalah bagian terakhir atau bagian ketiga dari screencast saya.

sedangkan source code sample nya bisa didapatkan di akun github saya di Source Demo Node.js satu dan Source Demo CRUD Node.js

semoga bermanfaat 😀

Advertisements

3 thoughts on “Apa itu Node.JS

  1. anto May 29, 2014 / 11:43 am

    Ijin Tanya kalau mau menjalankan Crud Node Js itu Bgaimana yach

    soalnya saya running Localhost:3000

    yang muncul cuman Welcome to Express saja yach

    • situkangsayur May 29, 2014 / 2:06 pm

      maksudnya yang di akun github saya?
      iya saya belum membuat router untuk localhost:3000 saja..
      coba localhost:3000/siswa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s