Terkadang kita lupa apa yang Allah telah berikan hari ini

Beberapa berbicara mengenai dunia itu berputar, kadang di atas, kadang dibawah secara bergantian. Akhirnya yg merasa di bawah mungkin mengatakan “tunggu suatu hari aku akan sukses dan berada di atas” atau ada yang berkata “maka janganlah sombong atas apa yg dimiliki sekarang karena mungkin kamu akan berada di bawah dan membutuhkan saya.”

Hemat saya sih, itu baik, namun mengenai kondisi manusia di dunia ini yang berputar bergantian itu “Relatif”. Sering manusia (termasuk saya sendiri) tidak menyadari banyaknya nikmat yang masih dia miliki dan melihat ke atas lalu berkata “tunggu suatu hari aku akan sukses dan berada di atas” atau mengatakan “maka janganlah sombong atas apa yg dimiliki sekarang karena mungkin kamu akan berada di bawah dan membutuhkan saya”.

Andaikan kita mau sebentar saja melihat ke bawah, sungguh sebenarnya kita berada di atas dan merupakan sebaik-baiknya nikmat dan rezeki yang Allah tentukan bagi kita.

Alangkah baiknya kita tetap mensyukuri apa yang masih kita miliki dan tetap berikhtiar juga berdo’a dan dilengkapi dangan bersabar, sebagaimana tugas kita sebagai manusia.

“Dua hal apabila dimiliki oleh seseorang dia dicatat oleh Allah sebagai orang yang bersyukur dan sabar. Dalam urusan agama (ilmu dan ibadah) dia melihat kepada yang lebih tinggi lalu meniru dan mencontohnya. Dalam urusan dunia dia melihat kepada yang lebih bawah, lalu bersyukur kepada Allah bahwa dia masih diberi kelebihan.” (HR. Tirmidzi)

Wallahu’alam…

View on Path

Leave a Reply

