Issue tokopedia pas Ramdhan dan Iedul Fitri

Seminggu ini saya dibuat kesal oleh tokopedia dan salah satu penjual buku di tokopedia. Sebelumnya saya sempat bermasalah karena toko cash yaitu fitur e-money di tokopedia.

Kasus pertama itu saya pikir toko cash sama dengan saldo tokopedia, karena di saldo tokopedia saya lihat ada fitur membayar dengan kartu kredit sebagian dan saldo tokopoedia sebagian. Jadi saya coba kirim ke toko cash yang sebelumnya saya pikir sama, dan saya beli 1 juta. Ternyata setelah tanya teman saya apa perbedaan toko cash dan saldo tokopedia itu adalah tokocash tidak bisa ditarik kembali dananya. Saya kaget, karena fitur membayar sebagian dengan saldo toko itu tidak bisa menggunakan toko cash, hanya bisa digabung dengan metode pembayaran debit yang lain bukan kartu kredit.

Akhirnya saya minta uang saya kembali dicairkan atau rollback, tapi dari tokopedia menolak, sayapun protes ke temen saya agar dapat ditarik kembali. Tokopedia sempat bersi keras menolak, namun setelah saya diskusi dan memiliki ide untuk menulis di situs change.org atau membuat petisi online akhirnya tokopedia bersedia mengembalikan dana saya kembali. Sebenarnya sejak kejadian itu saya sudah malas menggunakan tokopedia. Saya agak bingung sih memang siapa yang mau pake toko cash memangnya? udah terlalu banyak e-money hari ini.

Lalu setelah beberapa lama (sekitar 1-3 minggu) saya mencari buku bekas “kalkulus jilid 1, ada yang saya perlu pelajari karena buku saya ketinggalan di Jakarta, sementara saya sudah mudik ke Bandung. Ternyata di tokopedia ada toko yang di situ tertulis lokasinya di Bandung (tidak ada informasi apapun lagi) nama tokonya adalah BALEBAT SHOP berikut screenshotnya :

Screenshot from 2017-06-28 13-10-40

dan ini barang yang mau dibelinya, tertulis di “BALEBAT SHOP” :

Screenshot from 2017-06-28 13-11-08

Nah setelah itu saya order seperti biasa dengan menggunakan layanan gosend, karena saya pikir dekat di Bandung juga, lalu membayar layanan logistic Rp. 15000 :

DDOC9LcVoAA6qoH

Namun ternyata secara sepihak diganti menjadi JNE Reguler, tanpa persetujuan saya :

Biaya pengirimannya adalah 7000. Dan berikut konfirmasi dari Tokopedia Care bahwa order saya layanan logisticnya sudah dirubah menjadi JNE Reguler

Saya agak bingung karena sepanjang sepengetahuan saya tidak ada informasi apapun sebelumnya dari penjual kalau order saya berubah layanan kurir nya menjadi JNE Reguler. Saya sempat menanyakan perihal order via message di Tokopedia, tapi tidak ada tanggapan dari penjual, sampai saya protes mengenai perubahan layanan kurir dari gosend menjadi JNE Reguler.

Setelah saya lihat lagi, memang ada message dari toko lain yang mengatakan kalau dia sedang ada di garut dan menawarkan untuk mengirim menggunakan JNE YES (Yakin Esok Sampai). Saya tidak tahu ada message itu karena memang bukan toko tempat saya memesan buku.

Ini pesan toko tersebut kepada saya mengenai informasi dia sedang di Garut dan menawarkan JNE YES :
Screenshot from 2017-06-28 13-25-41.png

Nama tokonya “Toko Buku Area Jayar” sedangkan diatasnya bisa dilihat saya kirim message ya ke toko tempat saya beli buku namanya “BALEBAT SHOP”, jadi kalau ada dari toko lain ya saya bingung. Kecuali dia kirim ke social media saya atau contact instant messaging saya, mungkin saya akan membacanya. Ya kalau di tokopedia saya baca di tempatnya saja, kalau saya beli sesuau di toko BALEBAT SHOP saya akan aware di threat message BALEBAT SHOP. Saya tidak tahu kalau orang lain mungkin rajin baca semua message yang lain.

Sebelumnya saya protes ke toko BALEBAT mengenai pergantian menjadi JNE REG, kenapa gak konfirmasi, kalau saya bilan “Oke” atau “Ya, tidak masalah” atau lainnya yang mirip baru kirim, ini saya belum memutuskan apapun. Dia langsung kirim menggunakan JNE REGuler, bukan JNE YES. Dan kalau lagi mudik atau sedang di tempat jauh sehingga tidak bisa memenuhi order sesuai dengan yang pelanggan submit ya tidak perlu dipenuhi ordernya, jangan diterima. User memilih layanan kurir tertentu itu sebagian karena memiliki alasan terutama gojek atau gosend, pasti berharap bisa cepat sampai. Nah sekarang??? sampai artikel ini di buat tanggal 28 Juni 2017 pun barang belum sampai.

Ditambah menurut tokopedia fitur perubahan layanan kurir itu bukan kesalahan sistem, flow bisnis tokopedia dalam melakukan perubahan layanan kurir adalah dengan diskusi penjual dengan pembeli atau atas kesepakatan bersama, tapi kasus saya tidak. Menurut tokopedia kasus ini bukan kesalahan sistem tokopedia, dalam pandangan saya @TokopediaCare memiliki definisi sistem adalah sistem informasi komputerisasi mereka atau aplikasi komputer mereka. Sementara bagi saya sistem yang keseluruhan komponen yang terintegrasi termasuk si pembuat kebijakan yang memunculkan fitur perubahan layanan kurir yang memberikan celah penjual dapat merubah layanan kurir atau third party logistic (3PL) yang digunakan.

Screenshot from 2017-06-28 13-38-11

Screenshot from 2017-06-28 13-38-23.png

Kalau memang si penjual lagi pulang ke Garut sehingga tidak bisa menggunakan layanan gosend, ya matiin dong fitur mengirim dengan gosendnya, ini tetap aktif, dan saya submit order saya dengan menggunakan gosend, ini malah seenaknya dirubah menjadi JNE REG. Kecewa? superlah. Saya sebelumnya ke toko buku palasari saya pikir toko itu tutup, saya membeli beberapa buku bekas. Tadinya saya mau membeli buku kalkulus 1 tersebut, tapi saya pikir tunggu yang di tokopedia, karena terlanjur beli di tokopedia dan saya masih berfikir pake gosend (belum tahu telah dirubah pake JNE REG sejak awal).

Dan penjual meng-clain pada tokopedia sudah mengkonfirmasi mengenai pergantian layanan kurir ke saya, dan menurut tokopedia itu sudah “ok” atau kondisi yang diperbolehkan untuk mengganti layanan kurir agar pesanan saya dapat tetap dikirim. Bagi saya kondisi kemarin lebih baik transaksi tersebut dibatalkan, karena gak berguna, buang-buang waktu. Ditambah yang dia tanya sebelumnya adalah mengganti dengan JNE YES, bukan JNE REG kaya sekarang. Ditambah dia kirim pesan dengan nama toko yang berbeda. Saya pikir kalau memang tidak ada kebutuhan yang mendesak (tidak ada di toko lain) saya tidak akan berbelanja di tokopedia atau mungkin kalau barang yang gak penting okelah di tokopedia hahaha..

Screenshot from 2017-06-28 13-45-34

Nah dari screen shot pesan dia gak pernah jawab pesan saya, baru setelah tanggal 26 Juni 2017 saya kaget krn pergantian layanan kurir dia bales.

Screenshot from 2017-06-28 13-45-49

Screenshot from 2017-06-28 13-46-13.png

Meskipun JNE tetap operasinya gak maksimal? saya minta di awal gosend, kalau gak sanggup ya gak perlu dipenuhi atau tolak transaksinya. Bukan asal message, belum ada konfirmasi “Ya” atau “Tidak” lalu ambil keputusan sendiri seenaknya.

Semoga ini transaksi terakhir di tokopedia :v

Post ini di-update 30 Juni 2017, dan barang belum sampai, posisi masih sama seperti yang sebelumnya.

Leave a Reply

