Sharing beberapa video sharing

Setelah sekian lama gak post apapun di blog ini, kali ini saya hanya akan menulis beberapa link video sharing mengenai machine learning saya di youtube yang pernah saya lakukan di 2017 di blibli, deep learning summit, dan di bukalapak.

Tulisan mengenai penjelasan masing-masing video menyusul mungkin di blog ini atau di medium blibli hehe.. kali ini hanya share link nya saja.

Video sharing pertama, ini dilaksanakan di bulan April 2017 di Singapore. Ceritanya agak panjang hingga diundangan ke sini salah satunya dikarenakan oleh ex-engineer blibli Po Stevanus yang sekarang di traveloka :v Lumayan jadi bisa jalan-jalan gratis di Singapore. Berikut link videonya :

Yang kedua, acara JVM Meetup yang diadakan di acaranya Bukatalksnya bukalapaks. Waktu itu karena temanya tentang data analyicst and AI in JVM, sehingga karena saya tergabung dalam geng JVM community, bukalapak meminta 1 orang pembicara dari tim JVM Community. Waktu itu teman-teman sayang entah kenapa memilih saya sekaligus wakil dari blibli.com, lumayan bisa main ke kantor bukalapak yang tempat sharingnya cukup unik. Berikut link videonya :

Terakhir, sebenarnya ada beberapa video sharing di blibli ketika kita sharing mengenai progress riset di area machine learning, juga ketika ada engineer India yang sedang ke Indonesia (jadi kalau kata pak Kemkominfo kita harus orang India ke Indonesia untuk membantu mengajari engineer Indonesia, yap, kami melakukannya tapi kami bergantian sharingnya, kadang dari India kadang dari Indonesia). Berikut link videonya:

video ini ada beberapa part karena dilakukan sekitar 1,5 jam sampai 2 jam, dan dua hari. Sehingga total sekitar 3 – 4 jam. Tapi sepertinya hari kedua belum diupload oleh Eko KK.

Video ini pun sebenarnya lebih ke persepsi saya melihat machine learning juga, jadi kemungkinan masih banyak kesalahan. Maklum masih bentuk hipotesis dan saya masih kurang banyak baca hahaha, kalau ada kriti dan saran bisa kirim email atau chat ke saya. Ada 1 kesalahan (karena tertukar artinya) di video itu, barangkali ada yang menemukannya hehe, tp gak ketuker2 amat hahaha, hanya khilaf hahaha

Di video sharing machine learning yang blibli ini juga saya dibantu Associate R&D Engineer Falakh Fakhrudin, yang baru lulus tahun 2017 ini dari Fisika ITB. Dan karena basic math dan fisikanya bagus (lebih bagus dari saya) progress belajar dia cukup cepat tinggal programmingnya hehe

Algoritma yang dijelaskan adalah ID3, linear regression (single and multivariate), naive bayess, dan terakhir adalah Neural Network. Tadinya mau ampe EM algorithm, tapi kata pak bos, cukup itupun sudah eneg.

lanjut

**Setiap video sewaktu sharing ada limit waktunya, jadi terlihat agak buru-buru menjelaskannya atau melewatkan berbagai points

***Slidenya bisa dicek di https://www.slideshare.net/hendrikarisma atau di https://speakerdeck.com/situkangsayur

Next video lainnya mungkin akan menyusul…

Thanks

 

4 thoughts on “Sharing beberapa video sharing

  1. Lukman Selvi June 26, 2018 / 12:32 pm

    Selamat siang Kang Hendri, saya Sylvia Lukman. Mohon petunjuknya untuk bertukar fikiran pemakaian deep learning untuk radar UWB-SAR. Tadi saya sdh messenger ke FB..Apa bisa diaccept. Hatur Nuhun Kang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s