Algoritma ??

Algoritma adalah jantung ilmu komputer atau informatika. Tapi algoritma sendiri tidak selalu identik dengan yang namanya ilmu komputer. Cara membuat kopi pun sebenarnya adalah sebuah algoritma. Jadi secara tidak langsung ibu-ibu rumah tangga yang rajin memasak telah membuat dan melaksanakan algoritma, karena memasak memerlukan langkah-langkah yang runtun/tersusun.

Saya suka dengan definisi algoritma Rinaldi Munir dalam bukunya Algoritma dan Pemrogramman jilid 1, Algortima adalah deskripsi langkah-langkah penyelesaian masalah yang tersusun secara logis, ditulis dengan notasi-notasi khusus yang mudah dimengerti sedemikian sehingga langkah-langkah tersebut dapat dilaksanakan oleh mesin.

Pada dasarnya komputer sendiri tidak mengenal bilangan huruf, atau yang lainnya. Semua dikenal komputer berdasarkan kepada bentuk rangkaian logika dengan bilangan bine 1 dan 0 yang telah dikodekan kedalam bentuk simbol. Seluruh simbol yang dikenal oleh komputer dihimpun ke dalam suatu tabel ACII (American Standar Coded Information Interchange), sebagai simbol dasar yang dapat diolah komputer melalui suatu bahasa pemrogramman komputer.

Bahasa Pemrogramman Komputer sendiri merupakan penerjemah susunan perintah yang kita buat yang disebut algoritma yang kita berikan kepada komputer melalui bahasa pemrogramman.

Pendekatan Algoritma sendiri sekarang dibagi menjadi dua, yaitu pendekatan secara prosedural dan pendekatan berbasis objek yang nantinya memkai bahasa pemrogramman berbasis objek. Untuk pendekatan prosedural, program dibedakan antara bagian data dengan bagian instruksi. Program terdiri atas sequence instruksi yang dilaksanakan satu per satu secara berurutan oleh sebuah proses.

Struktur Penulisan Algortima

Struktur penulisan algoritma prosedural sendiri hanya terdiri dari 3 bagian, yaitu Judul, Kamus(Declaration), dan Algoritma (Description). Dan untuk setiap bagiannya dapat diberikan komentar untuk memperjelas maksud teks yang dituliskan. Judul berfungsi untuk menyatakan nama Algoritma, bentuknya singkat dan menggambarkan apa yang akan dilakukan algoritma tersebut.

Kamus/Declaration berfungsi untuk mendefinisikan semua nama yang akan dipakai didalam algoritma tersebut. Nama tersebut dapat berupa nama konstanta, variabel, nama tipe, nama prosedur atau pun nama fungsi. Algoritma/Description merupakan inti dari suatu algoritma. Berisi langkah-langkah penyelesaian masalah.

Notasi Algoritma

Notasi algoritma sebenarnya tidak banyak, bahkan pada banyak buku yang membahas tentang algoritma lingkup materinya tidak banyak, hanya saja penjelasan untuk setiap notasi cukup rumit, kerumitan lebih ditekankan bagaimana untuk mengimplementasikan notasi atau algoritma itu sendiri.

Lingkup materi struktur Algoritma adalah tentang tipe data (tipe data dasar, tipe data bentukan), , percabangan, pengulangan/looping, fungsi dan prosedur, array/larik, searching, sorting, arsip, senarai, struktur data (antrian, queue dan tree).

reference :

Munir, Rinaldi dan Lidya, Leoni, Algoritma dan Pemrogramman Buku 1, Infromatika, Bandung, 1997

3 thoughts on “Algoritma ??

  1. indernetync January 30, 2011 / 7:38 am

    Tak, prawdopodobnie tak jest

  2. Ricky Ramdhani March 9, 2013 / 9:17 pm

    juara

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s